Selasa, 03 September 2013

[airputih] Sukses Berpola, Gagal Juga Berpola

Oleh: Jaya Setiabudi

Saat pertama kali bergabung di salah satu anak perusahaan Astra di
Batam, saya dan teman-teman satu batch (angkatan), harus melewati masa
training. Di akhir sesi training kita selama 3 bulan lamanya, kita
diwajibkan untuk membuat studi kasus yang harus diselesaikan
menggunakan metode Practical Problem Solving (PPS). Permasalahan yang
timbul adalah, kami diwajibkan presentasi menggunakan metode PPS dalam
bahasa Inggris. Review presentasi dilakukan sebanyak 4 kali, sampai
akhirnya final presentation di depan COO (Chief Operational Officer)
yang notabene orang 'bule'. Celakanya, bahasa Inggris saya saat itu
amburadul dan super tidak lancar. Untuk menutupi ketidak lancaran saya
setiap presentasi dalam bahasa inggris, saya berdalih menyalahkan
metode PPS yang tidak up to date.

Suatu saat, sepulang dari tempat kerja, saya menyambangi kawan satu
batch saya, Fajar Hidayat namanya. Di kamar mess (rumah dinas) Fajar,
saya menggerutu tentang kelemahan-kelemahan metode PPS dan tidak
adanya manfaat yang didapat dari materi tersebut. Awalnya Fajar hanya
mendengar sambil melirikkan matanya dari bawah keatas. Tiba-tiba dia
memotong omongan saya dengan nada serius,"Yak (panggilan akrab saya),
menurut aku, kamu itu tipe orang yang suka excuse terhadap sesuatu
yang kamu tidak mampu. Kamu tidak berusaha membuat dirimu mampu. Orang
kayak kamu itu, biasanya tidak pernah nomor satu!"

Wow wow wow, saya hanya terdiam sejenak dengan muka merah terbakar
omongan kawan baik saya. Sayapun bertanya dengan nada
tinggi,"maksudmu?!" Fajarpun menjawab dengan sangat jelas,"Sebetulnya
bukan metode PPS-nya yang kurang, tapi aku tahu kamu punya kekurangan
tidak lancar berbahasa inggris. Dari situ kamu membuat dalih untuk
menutupi kekuranganmu!". Tanpa bicara lagi, dengan muka masam, saya
meninggalkan mess Fajar, yang jaraknya hanya satu gang dari mess saya.
Malam hari itu darah saya naik ke kepala, rasanya ingin marah besar,
karena belum pernah ada orang yang mengkritik saya setajam itu. Saya
merenung memikirkan kembali setiap perkataan Fajar,"….orang kayak kamu
itu, biasanya tidak pernah nomor satu!".

Saya flashback ke masa lalu saya, ternyata benar apa yang dikatakan
Fajar, memang SAYA TIDAK PERNAH NOMOR SATU. Setelah menganalisa
kembali apa yang menyebabkan saya tidak pernah nomor satu? Padahal
saya terhitung pekerja keras dan gigih. Ternyata kuncinya ada di
kata-kata Fajar,"…kamu itu tipe orang yang suka membuat EXCUSE
terhadap sesuatu yang kamu tidak mampu. Kamu tidak berusaha membuat
dirimu mampu!". Exactly, itulah diri saya di masa lalu. You woke me
up, my friend! Sejak malam itu saya berikrar,"Saya akan menjadi yang
terbaik di manapun saya berada dan di bidang yang saya tekuni!"

Belajar dari pengalaman saya dan orang lain, saya menyimpulkan bahwa
ada POLA SUKSES dan POLA GAGAL. Tuhan telah menciptakan manusia dengan
mekanisme serba otomatis. Orang-orang yang gagal dalam kehidupannya,
dia memiliki pola gagal yang berulang. Begitu juga orang yang sukses,
memiliki pola sukses yang berulang. Apapun deskripsi Anda tentang
sukses, amatilah orang yang menurut Anda sukses dan gagal, perhatikan
polanya. Saat saya memutuskan untuk mengubah nasib saya, saya mengubah
pola saya yang lama, seperti tidak disiplin, banyak alasan, cepat
menyerah, tidak tuntas dalam kerja, juga ketidak beranian mengambil
resiko. Apa pola gagal Anda? Simple, hanya dibalik saja dan sukseslah
Anda.

sumber: http://jayayea.wordpress.com

--
Air Putih - Penyejuk Dahaga Jiwa yang Terik
airputih@yahoogroups.com | www.airputih.web.id


------------------------------------

~------------------------ www.AirPutih.web.id----------------------------
Segelas air putih, untuk kesegaran jiwa. Simak catatan lengkapnya, liat
photo member, dan download arsip di http://seteguk.airputih.web.id
~-------------------- airputih[at]AirPutih.web.id -----------------------

AirPutih Groups Links

Planet airputih:
http://www.airputih.web.idYahoo! Groups Links

<*> To reply to this message, go to:
http://groups.yahoo.com/group/airputih/post?act=reply&messageNum=1283
Please do not reply to this message via email. More information here:
http://help.yahoo.com/help/us/groups/messages/messages-23.html

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/airputih/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
airputih-digest@yahoogroups.com
airputih-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/airputih/

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
airputih-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar